KONVERSI NILAI II (Skala Lima, Sebelas, Z skor dan T Skor)
Di Ajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Tugas Terstuktur
Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran
Dosen Pengampu: Naeila Rifatil Muna,
S. Psi. M. Pd
Disusun Oleh: Kelompok 7
Evi
Lutfiyana (59430584)
Gusik
Wahyuni (59430590)
Nurul
Fatikhah
(59430606)
Pipit
Nurapipah (59430607)
TARBIYAH/PBI-C/VI
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun haturkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan
berbagai anugerah kepada kami. Diantaranya berupa kemampuan kepada kami untuk menyelesaikan makalah yang berjudul “Konversi
Nilai II (Skala 5, 11, Z Skor dan T skor)” sebagai mahasiswa/i, kami dituntut
untuk menyelesaikan tugas kelompok tentang
Konversi Nilai II (Skala 5, 11, Z Skor dan T skor sesuai dengan kemampuan dan
kesempatan yang ada, yang tentunya kami berupaya memanfaatkan kesempatan ini
dengan semaksimal mungkin.
Dalam
menyelesaikan makalah ini penyusun banyak mendapatkan bantuan berupa bimbingan,
nasehat, dan motivasi dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini
perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu kami dalam menyelesaikan tugas ini.
Meskipun demikian penyusun yakin
bahwa dalam tulisan ini masih banyak kekurangan-kekurangannya. Maka dari itu
kami sangat mengharapkan kritik konstruktif serta saran dari pembaca. Akhirnya,
semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semuanya khususnya bagi kami sendiri.
Cirebon, 18 April 2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang 1
B.
Perumusan Masalah 1
C.
Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN
Konversi Nilai II (Skala lima, sebelas, Z Sko dan T skor)
A.
Konversi Nilai skala Lima 2
1.
Pengertian konversi nilai skala lima 2
2.
Langkah – langkah mengubah skor mentah hasil te menjadi nilai
standar Berskala lima 5
3.
Perbandingan nilai berskala lima dengan
menggunakan nilai standar mutlak dan standar relatif 11
B.
Konversi Nilai Berskala Sebelas (Stanel/ Eleven Points Scale) 12
1.
Pengertian konversi nilai skala sebelas 12
2.
Langkah – langkah mengubah skor mentah hasil te menjadi nilai
standar Berskala sebelas 13
C.
Konversi Nilai Z- score 16
1.
Pengertian konversi nilai Z skor 16
2.
Langkah – langkah mengubah skor mentah hasil te menjadi nilai
standar Z skor 18
D.
Konversi Nilai T- score 21
Pengertian konversi nilai T skor 21
BAB III KESIMPULAN 23
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
a.Latar Belakang
Kegiatan
pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa merupakan usaha persiapan dan
pelaksanaannya meliputi berbagai bagian dan tahapan. Kegiatan pembelajaran
tidak semata-mata antara guru dengan siswa di kela. Kegiatan ini merupakan
bagian terbesar dan memerlukan waktu terbanyak. Selain kajian dan identifikasi
terhadap kebutuhan yang harus di penuhi dn tujuan yang harus dicapai, kegiatan
pembelajaran menyangkut juga penilaian, disamping pemilihan bahan ajar, metode
dan teknik pembelajaran.
Terdapat
macam-macam teknik dan alat penilaian dalam pembelajaran khususnya di
pendidikan Indonesia, teknik dan alat penilaian hendaknya disesuaikan dengan
tujuan dan sasaran penilaian, situasi dan kondisi lingkungan siswa, serta
kompetensi dasar yang harus dikuasai seperti yang tercantum dalam kurikulum.
Selain itu,
dalam kegiatan penilaian hendaknya disiapkan soal atau alat penilaian yang
tepat. Di dalam menilai seorang guru boleh menggunakan konversi nilai 5,
konversi 11, nilai Z-score dan nilai T score. Hasil dalam penilaian di harapkan
seorang siswa bisa mencapai nilai sesuai criteria ketuntasan yang di berikan
oleh seorang guru. Oleh karena itu, agar siswa dapat mendapat nilai yang
baikmseorang guru harus mengajarnya dengan baik pula dan harus bisa
mempertanggungjawabkannya.
b.Rumusan Masalah
·
Apa yang dimaksud dengan konversi nilai berskala lima,
Sebelas, Z-score dan T-score?
·
Dimanakah nilai berskala lima itu di gunakan?
·
Bagaimana langkah-langkah untuk mengubah skor mentah
menjadi nilai berskala lima, sebelas, Z score dan T score?
c.Tujuan
Dalam
pembuatan makalah dengan judul konversi nilai II, memiliki berbagai tujuan
yaitu:
1. Untuk mengetahui nilai berskala lima,
sebelas, T-score dan Z- score
2. Untuk membedakan cara penggunaan konversi
II ( nilai berskala lima, sebelas, Z-score dan T-score).
3. Langkah – langkah mengubah skor mentah
menjadi nilai standard skala lima, sebelas, Z skor den T skor
BAB II
PEMBAHASAN
Konversi Nilai II (Skala 5, 11, Z Score dan
T Score)
Konversi
Konversi adalah
pengubahan atau pengolahan skor mentah hasil tes belajar menjadi nilai standar.
Skor adalah hasil pekerjaan menyekor (memberikan angka) yang diperoleh dengan
jalan menjumlahkan angka-angka bagi setiap butir item yang oleh testee telah
dijawab dengan betul, dengan memperhitungkan bobot jawaban betulnya.
Nilai
Nilai pada
dasarnya adalah angka atau huruf yang melambangkan seberapa jauh atau seberapa
besar kemampuan yang telah ditunjukkan oleh testee terhadap materi atau bahan
yang diteskan, sesuai dengan tujuan instruksional khusus yang telah ditentukan.
1. Konversi Nilai Berskala Lima
a. Pengertian
Konversi Nilai Berskala Lima
adalah nilai berskala lima atau nilai huruf A, B, C, D dan E. Misalkan dalam
ujian akhir semester bidang studi Bahasa Inggris yang diikuti oleh 80 orang
mahasiswa, yang mana skor maksimum ideal dari tes / ujian tersebut adalah 120,
diperoleh skor-skor mentah sebagaimana disajikan pada dafta 1.1.
Pengubahan skor mentah hasil tes menjadi nilai standar berskala lima
atau nilai huruf, menggunakan patokan sebagai berikut :
A
Mean + 1, 5 SD
B
Mean + 0, 5 SD
C
Mean + 0, 5 SD
D
Mean ─ 0, 5 SD
E
DAFTAR 1.1
Skor-skor
mentah hasil ujian akhir semester dalam bidang studi Bahasa Inggris, yang
dikuti oleh 80 orang mahasiswa
Nomor
Urut
Mahasiswa
|
Skor
Mentah
|
1
|
40
|
2
|
64
|
3
|
31
|
4
|
55
|
5
|
40
|
6
|
36
|
7
|
52
|
8
|
43
|
9
|
38
|
10
|
24
|
11
|
69
|
12
|
40
|
13
|
35
|
14
|
72
|
15
|
36
|
16
|
50
|
17
|
15
|
18
|
52
|
19
|
29
|
20
|
39
|
21
|
35
|
22
|
45
|
23
|
51
|
24
|
46
|
25
|
41
|
26
|
32
|
27
|
47
|
28
|
40
|
29
|
33
|
30
|
56
|
31
|
60
|
32
|
49
|
33
|
49
|
34
|
28
|
35
|
41
|
36
|
37
|
37
|
59
|
38
|
41
|
39
|
42
|
40
|
43
|
41
|
50
|
42
|
25
|
43
|
45
|
44
|
20
|
45
|
42
|
46
|
36
|
47
|
46
|
48
|
44
|
49
|
44
|
50
|
53
|
51
|
48
|
52
|
34
|
53
|
57
|
54
|
46
|
55
|
37
|
56
|
31
|
57
|
38
|
58
|
42
|
59
|
32
|
60
|
44
|
61
|
30
|
62
|
41
|
63
|
35
|
64
|
62
|
65
|
43
|
66
|
37
|
67
|
42
|
68
|
48
|
69
|
47
|
70
|
39
|
71
|
54
|
72
|
45
|
73
|
26
|
74
|
58
|
75
|
30
|
76
|
51
|
77
|
47
|
78
|
48
|
79
|
49
|
80
|
53
|
b. Langkah - langkah mengubah skor mentah
hasil tes menjadi nilai standar berskala lima
1. Mengatur, menyusun dan menyajikan skor-
skor mentah hasil ujian tersebut dalam bentuk tabel frekuensi. Diketahui skor
tertinggi dan terendah
Diketahui: Skor
tertinggi (H) = 72
Skor
terendah (L) = 15
R = Nilai tertinggi – Nilai K
= 1 + 3, 3 Log n
= 72 – 15 = 1 +3, 3 log 80
= 57 = 1 + 3, 3 (1, 903089987)
= 1 + 6,280196957
= 7.280196957
= 7,2
Jadi,
Dibulatkan 7 atau 8
P =
=
= 8.142857143
Jadi, Dibulatkan 8 atau 9
Dimana R : rentang Kelas
K : Banyaknya kelas
P : panjang kelas
Tabel 1.1 Distribusi frekuensi skor-skor
mentah hasil bidang studi Bahasa Inggris, yang diikutu oleh 80 Mahasiswa
Skor
|
Turus
|
Frekuensi
|
15 – 22
|
ΙI
|
2
|
23 – 30
|
IIII II
|
7
|
31 – 38
|
IIII IIII IIII II
|
17
|
39 – 46
|
IIII IIII IIII IIII IIII I
|
26
|
47 – 54
|
IIII IIII IIII III
|
18
|
55 – 62
|
IIII II
|
7
|
63 – 70
|
II
|
2
|
71 – 78
|
I
|
1
|
Jumlah
|
|
80 = N
|
2. Mencari (menghitung) nilai rata-rata hitung
(arithmetic mean) yang melambangkan prestasi kelompok, dan deviasi standar (standar deviasi) yang mencerminkan variasi
dari skor- skor mentah hasil ujian yang di capai oleh 80 0rang mahasiswa
tersebut.
Tabel 1.2 Perhitungan
– perhitungan untuk mencari mean dan deviasi standard dari skor – skor hasil
ujian bidang studi Bahasa Inggris, yang diikutu oleh 80 Mahasiswa
skor
|
F
|
X
|
x'
|
fx'
|
fx'²
|
15
- 22
|
2
|
18.5
|
+3
|
+6
|
18
|
23
– 30
|
7
|
26.5
|
+2
|
+14
|
28
|
31
– 38
|
17
|
34.5
|
+1
|
+17
|
17
|
39
– 46
|
26
|
42.5
|
0
|
0
|
0
|
47
– 54
|
18
|
50.5
|
-1
|
-18
|
18
|
55
– 62
|
7
|
58.5
|
-2
|
-14
|
28
|
63
– 70
|
2
|
66.5
|
-3
|
-6
|
18
|
71
- 78
|
1
|
73.5
|
-4
|
-4
|
16
|
Jumlah
|
80 = N
|
|
|
-5
|
143
|
=
+
i (
﴿
= 42, 5 + 8 (
)
= 42,5 + 8 (
)
= 42,5 + 8 ( 0,0625)
= 42,5 + (- 0,5 ) = 42
=
i
(
)² = 8
−
(
)²
= 8
=
= 8
= 8 x 1, 3335512542
= 10,68410034 =
10,6841
3. Mengubah skor- skor mentah menjadi nilai
standar skala Lima dengan menggunakan patokan formula di atas.
A
Mean + 1, 5 SD = 42 + (1, 5) (10,
6841) = 58, 02615
B
Mean + 0, 5 SD = 42 + (0, 5) (10, 6841) = 47, 34205
C
Mean + 0, 5 SD = 42 – (0,5) (10,
6841) = 36, 65795
D
Mean ─ 0, 5 SD = 42 – (1,5) (10, 6841)
= 25, 97385
E
4. Membuat tabel konversi
Skor
Mentah
|
Nilai Huruf
|
59 ke atas
|
A
|
49 – 58
|
B
|
38 – 48
|
C
|
28 – 37
|
D
|
27 ke bawah
|
E
|
5. Mengkonversi skor-skor mentah yang di
miliki oleh masing-masing individu mahasiswa menjadi nilai standar berskala
lima ( nilai huruf A, B, C, D , dan E ).
Nomor
Urut
Mahasiswa
|
Skor
Mentah
|
Nilai
Huruf
|
1
|
40
|
C
|
2
|
64
|
A
|
3
|
31
|
D
|
4
|
55
|
B
|
5
|
40
|
C
|
6
|
36
|
D
|
7
|
52
|
B
|
8
|
43
|
C
|
9
|
38
|
D
|
10
|
24
|
E
|
11
|
69
|
A
|
12
|
40
|
C
|
13
|
35
|
D
|
14
|
72
|
A
|
15
|
36
|
D
|
16
|
50
|
B
|
17
|
15
|
E
|
18
|
52
|
B
|
19
|
29
|
D
|
20
|
39
|
C
|
21
|
35
|
D
|
22
|
45
|
C
|
23
|
51
|
B
|
24
|
46
|
C
|
25
|
41
|
C
|
26
|
32
|
D
|
27
|
47
|
C
|
28
|
40
|
C
|
29
|
33
|
D
|
30
|
56
|
B
|
31
|
60
|
A
|
32
|
49
|
B
|
33
|
49
|
B
|
34
|
28
|
D
|
35
|
41
|
C
|
36
|
37
|
D
|
37
|
59
|
A
|
38
|
41
|
C
|
39
|
42
|
C
|
40
|
43
|
C
|
41
|
50
|
B
|
42
|
25
|
E
|
43
|
45
|
C
|
44
|
20
|
E
|
45
|
42
|
C
|
46
|
36
|
D
|
47
|
46
|
C
|
48
|
44
|
C
|
49
|
44
|
C
|
50
|
53
|
B
|
51
|
48
|
C
|
52
|
34
|
D
|
53
|
57
|
B
|
54
|
46
|
C
|
55
|
37
|
D
|
56
|
31
|
D
|
57
|
38
|
C
|
58
|
42
|
C
|
59
|
32
|
C
|
60
|
44
|
C
|
61
|
30
|
D
|
62
|
41
|
C
|
63
|
35
|
D
|
64
|
62
|
A
|
65
|
43
|
C
|
66
|
37
|
D
|
67
|
42
|
C
|
68
|
48
|
C
|
69
|
47
|
C
|
70
|
39
|
C
|
71
|
54
|
B
|
72
|
45
|
C
|
73
|
26
|
E
|
74
|
58
|
B
|
75
|
30
|
D
|
76
|
51
|
B
|
77
|
47
|
C
|
78
|
48
|
C
|
79
|
49
|
B
|
80
|
53
|
B
|
c. Perbandingan nilai berskala lima dengan
menggunakan nilai standar mutlak dan standar relative.
1. Mengubah skor-skor mentah menjadi nilai
standar dengan menggunakan standar mutlak dengan skor maksimum ideal sebesar
120.
2. Membuat tabel ikhtisar yang memuat gambaran
tentang mahasiswa yang berhasil meraih nilai A, B, C, D, dan E, yang
menggunakan standar mutlak dan standar relative
Skor Mentah
|
|||
Nomor
Urut
Mahasiswa
|
Sebelum
Di
Konversi
|
Setelah dikonversi dengan menggunakan standar mutlak
( skor:SMI) X 100 di ubah menjadi nilai huruf A-B-C-D-E
|
Setelah
dikonversi dengan menggunakan standar relative, di gunakan skala lima ( Nilai huruf A-B-C-D-E).
|
1
|
40
|
40/120X100=33=E
|
C
|
2
|
64
|
64/120X100=53=D
|
A
|
3
|
31
|
31/120X100=25=E
|
D
|
4
|
55
|
55/120X100=46=D
|
B
|
5
|
40
|
40/120X100=33=E
|
C
|
6
|
36
|
36/120X100=30=E
|
D
|
7
|
52
|
52/120X100=43=E
|
B
|
8
|
43
|
43/120X100=36=E
|
C
|
9
|
38
|
38/120X100=32=E
|
C
|
10
|
24
|
24/120X100=20=E
|
E
|
11
|
69
|
69/120X100=57=C
|
A
|
12
|
40
|
40/120X100=33=E
|
C
|
13
|
35
|
35/120X100=29=E
|
D
|
Perbandingan antar standar mutlak dan standar relatif dalam mengolah
skor mentah
Nilai
|
Jumlah
mahasiswa dimana konversi skor mentah hasil UAS dilakukan dengan menggunakan
standard mutlak.
|
Jumlah
mahasiswa dimana konversi skor mentah hasil uas dilakukan dengan menggunakan
standard relative:
|
|
Angka
|
Huruf
|
||
80 ke atas
|
A
|
0 (0.00%)
|
6 (7.50%)
|
66-79
|
B
|
0 (0.00%)
|
16 (20%)
|
56-65
|
C
|
2 (2.50%)
|
34 (42.50%)
|
46-55
|
D
|
8 (10.00%)
|
19 (23.75%)
|
45 ke bawah
|
E
|
70 (87.50%)
|
5 (6.25%)
|
Total
|
80 (100.00%)
|
80
100.00%)
|
Kesimpulan :
1. Jika menggunakan standard mutlak, jumlah
peserta tes yang dinyatakan lulus hanyalah 2
orang (2.50%) adapun sisanya adalah 78 orang (97,50%) dinyatakan tidak
lulus.
2. Jika menggunakan standard relative, jumlah
peserta tes yang dinyatakan lulus hanyalah 56 orang (70%), sedangkan yang
dinyatakan tidak lulus yaitu nilai D kebawah hanya 24 orang (30%).
2 .Konversi Nilai Berskala Sebelas (Stanel/ Eleven Points Scale)
a. Pengertian
Nilai berskala sebelas adalah rentangan nilai standar mulai dari 0
sampai dengan 10. Jadi disini akan kita dapati sebelas butir nilai standar,
yaitu nilai 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10. Di indonesia nilai standar berskala sebelas in
umumnya digunakan pada lembaga
pendidikan tingkat dasar dan tingkat
menengah.
b. Pengubahan skor mentah menjadi stanel itu menggunakan patokan sebagai
berikut:
10
M + 2, 25 SD
9
M + 1, 75 SD
8
M + 1, 25 SD
7
M + 0, 75 SD
6
M + 0, 25 SD
5
M - 0, 25 SD
4
M - 0, 75 SD
3
M - 1, 25 SD
2
M - 1, 75 SD
1
` M - 2, 25 SD
0
Misalkan dalam UAS bidang studi Bahasa Inggris yang diikuti oleh 200
orang siswa Madrasah Aliyah Negeri, di mana skoe maksimum ideal dari UAS
tesebut adalah 100, diperoleh penyebaran frekuensi skor- skor mentah hasil UAS
tersebut sebagai berikut :
Tabel 2.1
Penyebaran frekuensi
skor-skor mentah hasil UAS bidang studi Bahasa Inggris yang diikuti oleh 200 orang siswa Madrasah
Aliyah Negeri
Skor Mentah
|
Frekuensi
|
57 – 59
|
2
|
54 – 56
|
5
|
51 – 53
|
11
|
48 – 50
|
23
|
45 – 47
|
38
|
42 – 44
|
54
|
39 – 41
|
36
|
36 – 38
|
19
|
33 – 35
|
9
|
30 – 32
|
2
|
27 – 29
|
1
|
Jumlah
|
200 = N
|
c. Langkah – langkah Pengubahan skor mentah
hasil tes menjadi nilai standar berskala sebelas (standar eleven = stanel /
Eleven Points Scale
1. Mencari (menghitung) nilai rata-rata hitung
yang mencerminkan prestasi kelompok dan mencari (menghitung) deviasi standar
yang mencerminkan variasi dari skor-skor mentah yang berhasil di capai oleh 200
mahasiswa.
Tabel 2.2 Perhitungan – perhitungan untuk mengetahui besarnya skor rata-rat
hitung dan deviasi standar
Skor Mentah
|
Frekuensi
|
X
|
x'
|
f x'
|
f x'²
|
57 – 59
|
2
|
58
|
+5
|
+10
|
50
|
54 – 56
|
5
|
55
|
+4
|
+20
|
80
|
51 – 53
|
11
|
52
|
+3
|
+33
|
99
|
48 – 50
|
23
|
49
|
+2
|
+46
|
92
|
45 – 47
|
38
|
46
|
+1
|
+38
|
38
|
42 – 44
|
54
|
m'(43)
|
0
|
0
|
0
|
39 – 41
|
36
|
40
|
-1
|
-36
|
36
|
36 – 38
|
19
|
37
|
-2
|
-38
|
76
|
33 – 35
|
9
|
34
|
-3
|
-27
|
81
|
30 – 32
|
2
|
31
|
-4
|
-8
|
32
|
27 – 29
|
1
|
28
|
-5
|
-5
|
25
|
Jumlah
|
200= N
|
-
|
-
|
33= Σfx'
|
609= Σfx'²
|
=
+
i (
﴿
= 43 + 3 (
)
= 43+ 0, 495
= 43, 495
=
i
(
)² = 3
−
(
)²
= 3
=
= 3 x 1, 737174429
= 5,212
2. Mengkonversi skor mentah hasil ujian
menjadi nilai standar bersekala 11.
10
M + 2, 25 SD = 43, 495 + (2, 25) (5,212) =
43, 495 + 11,727 = 55, 222
9
M + 1, 75 SD = 43, 495 + (1, 75) (5,212) = 43, 495 + 9,121 = 52, 616
8
M + 1, 25 SD = 43, 495 + (1, 25) (5,212) = 43, 495 + 6,515 = 50, 010
7
M + 0, 75 SD = 43, 495 + (0, 75) (5,212) = 43, 495 + 3,909
= 47, 404
6
M + 0, 25 SD = 43, 495 + (0, 25) (5,212) = 43, 495 + 1,303
= 44, 798
5
M - 0, 25 SD = 43, 495 - (0, 25) (5,212) = 43, 495 - 1,303
= 42, 192
4
M - 0, 75 SD = 43, 495 - (0, 75) (5,212) = 43, 495 - 3,909
= 39, 586
3
M - 1, 25 SD = 43, 495 - (1, 25) (5,212) = 43, 495 - 6,515
= 36, 980
2
M - 1, 75 SD = 43, 495 - (1, 75) (5,212) = 43, 495 + 9,121
= 34, 374
1
` M - 2, 25 SD = 43, 495 - (2, 25) (5,212) = 43, 495 -
11,727 = 31, 768
0
3. Membuat tabel konversi
Sko
Mentah
|
Nilai
Stanel
|
56
ke atas
|
10
|
53
– 55
|
9
|
51
– 52
|
8
|
48
– 50
|
7
|
45
– 47
|
6
|
43
– 44
|
5
|
40
– 42
|
4
|
37
-39
|
3
|
35
– 36
|
2
|
32
– 34
|
1
|
31
ke bawah
|
0
|
4. Melakukan konversi skor mentah yang
dimiliki oleh masing-masing individu mahasiswa, menjadi nilai standar bersekala
sebelas (stanel)
Masing- masing siswa dengan nomor urut 1, 2, 3, 4 dan
5 masing – masing memiliki skor mentah hasil UAS Bahasa Inggris sebesar 38, 39 , 45, 52, dan
44. Dengan berpedoman pada table konversi diatas, maka
nilai staanel yang dapat diberikan kepada kelima siswa tersebut adalah sebagai
berkut :
Nomor
Urut Mahasiswa
|
Skor
Mentah
|
Nilai
Stanel
|
1
|
38
|
3
|
2
|
59
|
10
|
3
|
45
|
6
|
4
|
52
|
8
|
5
|
44
|
5
|
3. Konversi Nilai Z- score
a. Pengertian
Z- score adalah suatu ukuran yang
menunjukkan berapa besarnya simpangan baku seseorang berada berada di bawah
atau di atas rata-rata dalam kelompok tersebut.
Misalkan daalam tes seleksi penerimaan calon pramugara dan
pramugari udara haji yang diikuti oleh 10 orang testee, dalam tes mana testee
dihadapkan pada lima jenis tes, yaitu : tes bahasa inggris (X1), tes
IQ (X2), tes kepribadian (X3),
tes sikap (X4), dan tes kesehatan jasmani (X5). Skor-
skor yang diperoleh dari kelima jenis tes tersebut di atas adalah sebagaimana
dapat diperiksa pada tabel di bawah ini.
Seperti dapat kita saksikan pada tabel dibawah ini maka skor – skor mentah yang
diperoleh dari lima jenis tes cara pengukuran dan penilaian yag berbeda itu,
adalah sangat bervariasi. Berhubung dengan itu maka untuk dapat menetukan
siapakah di antara 10 orang testee yang
lain, diperlukan adanya skor atau nilai yang bersifat baku (standar), dimana
dengan nilai standar itu kita dapat mengetahui kedudukan relatif (standar
position) dari 10 orang testee untuk kelima jenis tes tersebut. Nilai standar
relatif dimaksud di atas adalah z score yang dapat diperoleh dengan menggunakan
rumus :
Z =
Dimana :
z =
z score
X
= Deviasi
skor X, yaitu selisih antara skor X dengan MX
SDX
= Deviasi standar dari sko-skor X.
Skor-skor hasil tes bahasa Inggris (X1), tes IQ (X2),
tes kepribadian (X3), tes sikap (X4), dan tes kesehatan
jasmani (X5) yang diikuti oleh 10 orang testee, berikut tabelnya :
Testee
|
Skor
mentah Hasil Tes :
|
||||
Bahasa
Inggris
(X1)
|
I.Q
(X2)
|
Kepribadian
(X3)
|
Sikap
(X4)
|
Kesehatan
Jasmani(X5)
|
|
A
|
72
|
114
|
48
|
172
|
211
|
B
|
65
|
105
|
51
|
163
|
205
|
C
|
76
|
115
|
44
|
169
|
224
|
D
|
64
|
115
|
42
|
179
|
198
|
E
|
71
|
101
|
55
|
181
|
207
|
F
|
73
|
120
|
56
|
175
|
219
|
G
|
75
|
125
|
57
|
183
|
225
|
H
|
68
|
109
|
49
|
168
|
216
|
I
|
70
|
103
|
51
|
167
|
224
|
J
|
66
|
111
|
47
|
153
|
221
|
Dengan menggunakan standar z ini maka testee yang di pandang
memiliki kemampuan lebih tinggi adalah testee yang z scorenya bertanda positif
(+). Adapun testee yang z scorenya bertanda negatif (-) dipandang sebagai
testee lainnya. Jika angka yang ditunjukkan oleh z score yang bertanda positif
itu makin besar, berarti kedudujan relatif dari testee yang bersangkutan
menjadi makin tinggi (lebih unggul ketimbang testee lainnya); sebaliknya, jika
z score yang bertanda negatif itu makin besar, maka standing position testee
yang bersangkutan menjadi semakin rendah (kualitasnya semakin jelek).
b.
Langkah-langkah pengubahan Skor Mentah Hasil Tes
Menjadi Nilai Standar Z (z score)
1. Menjumlahkan skor-skor variabel x1,
x2, x3, x4
dan x5 sehingga di
peroleh : ∑x₁, ∑x₂, ∑x₃, ∑x₄, dan ∑x₅.
2. Mencari skor rata-rata hitung (mean) dari
variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 dengan menggunakan rumus :
Mx₁ = ∑X1; Mx₂ = ∑X2; Mx₃ = ∑X3;
N N N
Mx₄ = ∑X4 Mx₅ = ∑X5;
N
N
Sebagai contoh dari data tabel diatas , maka mean dari variable x1,
x2, x3, x4
dan x5 dapat diketahui
Mx₁ = ∑X1 =
= 70
N
Mx₁ = ∑X1 =
= 111, dan seterusnya.
N
3. Mencari (menghitung) deviasi x1,
x2, x3, x4
dan x5 dengan rumus:
X1 = x1 - Mx1; X₂ = x2 – Mx2; X₃ = x3 – Mx3;
X₄ = x4 – Mx4;
X₅ = x5 - Mx5
Sebagai contoh dari data tabel diatas , maka
dapat diketahui :
Untuk
testee A:
·
X1 =
x1 - Mx1 = 72 – 70 = +2
·
X₂
= x2 – Mx2 = 114 – 111 = +3
·
X₃
= x3 – Mx3 = 48 – 50 = - 2
Begitu juga
dengan testee b, c dan seterusnya.
- Menguadratkan deviasi x1, x2, x3, x4 dan x5 kemudian dijumlahkan, sehingga
diperoleh: ΣX12 , Σ X22, Σ X32, Σ X42,dan Σ X52.
Sebagai
contoh dari data tabel diatas , maka dapat diketahui :
Untuk
Testee A:
·
x1 = 2 → 2² = 4
·
x₂ = -3 →(-3)²
= 9
·
x₃ = - 2 →(-2)₂
= 4
5. Mencari (menghitung) deviasi standar untuk
kelima variabel tersebut di atas,dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
SD
SD
=
SD
=
SD
SD
Sebagai contoh dari data tabel diatas, maka dapat diketahui :
SD
=
=
= 3.95
SD
=
=
=7, 22
6.
Mencari
(menghitung) z score, dengan rumus :
Z1 =
Z2 =
Z3 =
Z4 =
Z5 =
Setelah selesai lalu di jumlahkan (dari atas ke
bawah) sehingga diperoleh : ∑ z1; ∑ z2; ∑ z3; ∑ z4; dan ∑ z5; (perhatikan: jumlah z
score tersebut harus selalau sama dengan nol). Sebagai contoh dari data table diatas, maka z
skornya dapat diketahui :
·
Z1 =
=
= 0. 51
·
Z1 =
=
= 0. 41, dan seterusnya,
7. Z-Score
yang dimiliki oleh masing-masing testee kita jumlahkan ( dari kiri ke kanan),
dan dari sini akan dapat kita ketahui testee yang memiliki
total z score yang bertanda
positif (+) dan testee yang memiliki total z score yang bertanda negatif (-).
Marilah kita coba untuk mencari z score data yang disajikan pada
tabel diatas dengan
mengikuti langkah-langkah pokok yang telah disebutkan dia atas.
Langkah pertama, kedua dan ketiga
Testee
|
Skor mentah (X)
|
Deviasi
(x)
|
||||||||
X1
|
X2
|
X3
|
X4
|
X5
|
X1
|
X2
|
X3
|
X4
|
X5
|
|
A
|
72
|
114
|
48
|
172
|
211
|
+2
|
+3
|
-2
|
+1
|
-4
|
B
|
65
|
105
|
51
|
163
|
205
|
-5
|
-6
|
+1
|
-10
|
-10
|
C
|
76
|
115
|
44
|
169
|
224
|
+6
|
+4
|
-6
|
+9
|
+9
|
D
|
64
|
115
|
42
|
179
|
198
|
-6
|
+4
|
-8
|
-17
|
-17
|
E
|
71
|
101
|
55
|
181
|
207
|
+1
|
-10
|
+5
|
-8
|
-8
|
F
|
73
|
120
|
56
|
175
|
219
|
+3
|
+9
|
+6
|
+4
|
+4
|
G
|
75
|
125
|
57
|
183
|
225
|
+5
|
+14
|
+7
|
+12
|
+10
|
H
|
68
|
109
|
49
|
168
|
216
|
-2
|
-2
|
-1
|
-3
|
+1
|
I
|
70
|
103
|
51
|
167
|
224
|
0
|
-8
|
+1
|
-4
|
+9
|
J
|
66
|
111
|
47
|
153
|
221
|
-4
|
0
|
-3
|
-18
|
+6
|
10=N
|
700
|
1110
|
500
|
1710
|
2150
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
|
= Σx1
|
= Σx2
|
= Σx3
|
= Σx4
|
= Σx5
|
Σx1
|
Σx2
|
Σx3
|
Σx4
|
Σx5
|
MX
|
70
|
111
|
50
|
171
|
215
|
Langkah
keempat, kelima, keenam dan ketujuh
Testee
|
Kuadrat Deviasi (x²)
|
Z score
|
Total
z score
|
||||||||
|
|
|
|
|
z₁
|
z₂
|
z₃
|
z₄
|
z₅
|
||
A
|
4
|
9
|
4
|
1
|
16
|
+0,51
|
+0,41
|
-0,42
|
+0,12
|
-0,45
|
+0,17
|
B
|
25
|
36
|
1
|
64
|
100
|
-1,27
|
-0,83
|
+0,21
|
-0,93
|
-1,13
|
-3,95
|
C
|
36
|
16
|
36
|
4
|
81
|
+1,52
|
+0,55
|
-1,26
|
-0,23
|
+1,02
|
+1,60
|
D
|
36
|
16
|
64
|
64
|
289
|
-1,52
|
-0,55
|
-1,68
|
+0,93
|
-1,92
|
-4,74
|
E
|
1
|
100
|
25
|
100
|
64
|
+0,25
|
-1,38
|
+1,05
|
+1,16
|
-0,90
|
+0,18
|
F
|
9
|
81
|
36
|
16
|
16
|
+0,75
|
+1,25
|
+1,26
|
+0,46
|
+0,45
|
+4,18
|
G
|
25
|
196
|
49
|
144
|
100
|
+1,27
|
+1,94
|
+1,47
|
+1,39
|
+1,13
|
+7,20
|
H
|
4
|
4
|
1
|
9
|
1
|
-0,51
|
-0,28
|
-0,21
|
-0,35
|
+0,11
|
-1,24
|
I
|
0
|
64
|
1
|
16
|
81
|
0
|
-1,11
|
+0,21
|
-0,46
|
+1,02
|
-0,34
|
J
|
16
|
0
|
9
|
324
|
36
|
-1,01
|
0
|
-0,63
|
-2,09
|
+0,67
|
-3,06
|
10
|
156
|
522
|
226
|
742
|
784
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
0 =
|
=N
|
|
|
|
|
|
Σz₁
|
Σz₂
|
Σz₃
|
Σz₄
|
Σz₅
|
Σz
|
SD =
|
3,95
|
7,22
|
4,75
|
8,61
|
8,85
|
||||||
=SDX₁
|
=SDX2
|
=SDX3
|
=SDX4
|
=SDX5
|
Dari tabel
perhitungan berikut pada akhirnya telah dapat kita peroleh total z score dari
10 orang peserta tes penerimaan calon
pramugara dan pramugari untuk kelima jenis tersebut di atas, yaitu:
A = +0, 17;
B = -3, 95;
C = +1, 60;
D = -4, 74;
E = +0, 18
F = +4, 18;
G = +7, 20;
H = -1, 24;
I = -0, 34 dan
J = -3, 06
Kalau
saja dalam tes seleksi itu hanya akan diterima atau diluluskan satu orang saja,
maka yang dapat ditanyakan lulus adalah testee bernama G dengan z score bertanda positif (+) sebesar 7,20 jika
yang akan diluluskan akan sebanyak dua orang, maka testee berikutnya yang dapat
diluluskan adalah F dengan total z score bertanda positif sebesar 4,18. jika
yang akan diluluskan tiga orang, maka testee berikutnya adalah C dengan total z
score bertanda positif (+) sebesar 1,60. demikian seterusnya.
4. Konversi Nilai T Score
T
score adalah angka angka skala yang menggunakan mean sebesar 50 (M = 50) dan
deviasi standar sebesar 10 (SD = 10). T score dapat diperoleh dengan jalan memerkalikan
z score dengan angka 10, kemudian di tambah dengan 50.
1.
T score = 10 z + 50 atau
2.
T score = 50 + 10 z
T
score dicari atau dihitung dengan maksud untuk meniadakan tanda minus yang
terdapat didepan nilai standar z, sehingga lebih mudah dipahami oleh mereka
yang masih asing atau awam terhadap ukuran-ukuran standistik. Untuk memberikan
contoh bagaimanacara mepercepat oleh T score, marilah data berupa nilai-nilai
hasil tes bahasa Inggris (X1),
tes IQ (X2), tes kepribadian
(X3), tes sikap (X4), dan tes kesehatan jasmani (X5) yang dimiliki oleh 10 orang testee dan
telah dihitung z scorenya di muka tadi, kita hitung T scorenya.
Testee
|
Total z Score
|
T Score = 50 + 10 z
|
A
|
+0,17
|
50 + (10) (+0,17)= 50 + 1,70 = 51,7
|
B
|
-3,95
|
50 + (10) (-3,95) = 50 – 39,5=10,5
|
C
|
+1,60
|
50 + (10) (+1,60) = 50 + 16,0= 66,0
|
D
|
-4,74
|
50 + (10)(-4,74)= 50 – 47,4 =2,6
|
E
|
+0,18
|
50 + (10) (+0,18) = 50 + 1,80 =51,8
|
F
|
+4,18
|
50 + (10) (+4,18)= 50 + 41,8 =91,8
|
G
|
+7,20
|
50 + (10) (+7,20)= 50 + 72,0 =112,0
|
H
|
-1,24
|
50 + (10) (-1,24)= 50 – 12,4 =37,6
|
I
|
-0,34
|
50 + (10)(-0,34)= 50 – 3,4 =46,6
|
J
|
-3,06
|
50 + (10)(-3,06)= 50 - 3,06 =19,4
|
Dengan menggunakan T score terasa lebih
jelas, bahwa dari 10 orang testee tersebut skor dapat standard tertinggi diraih
oleh testee bernama G yaitu ebesar 112,0, sedangkan skor standard terendah
dicapai oleh testee yang bernama D yaitu sebesar 2,6.
Demikianlah
beberapa contoh tentang bagaimana cara mengubah atau mengkonversi skor-skor
mentah hasil tes menjadi nilai standard relatif yang mendasarkan diri pada
prestasi kelompok ini sangat cocok diterapkan pada tes-tes sumatif (ulangan
umum dalam rangka kenaikan kelas, ujian akhir semester, ujian seleksi
penerimaan calon siswa atau calon mahasiswa dan sebagainya) yang pada
kebiasaannya skor-skor yamg diraih oleh testee adalah sangat rendah sehingga
kebanyakan testee ‘’jatuh’’ dalam tes tersebut.
Dengan menggunakan
penilaian beracuan kelompok (norm referenced evaluation) dimana digunakan
standard relative, maka pada hakikatnya guru, dosen, penguji, panitia ujian dan
sebagainya, telah menempuh suatu ‘’kebijaksanaan’’, yang dalam kehidupan
sehari-hari sering dikenal dengan istilah ‘’katrol’’ atau ‘’mengantrol nilai’’
yang pada hakikatnya dengan pengantrolan nilai itu testee menjadi ‘’tertolong’’
karenanya. Itulah sebabnya mengapa penilaian beracuan kelompok ini dirasakan
lebih’’ manusiawi’’ ketimbang penilaian beracuan kriterium atau nilai standard
mutlak.
BAB III
PENUTUP
a.Kesimpulan
Dari
pembahasan di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa penilaian itu penting
untuk kita mengetahui seberapa jauh kemapuan kita dalam kegiatan belajar
mengajar dan untuk mengetahui prestasi kita apakah prestasi kita meningkat atau
tidak.Selain itu penilaian sangat berguna untuk perkembangan dunia pendidikan,
ketika nilai siswa ( generasi dalam perkembangan pendidikan) itu bagus maka
pendidikan pun akan bagus pula.
Ada beberapa
penilaian yang sering digunakan dalam jenjang pendidikan, misalnya: konversi nilai berskala lima, skala sebelas,
Z-skor and T-skor. Masing- masing penilaian itu di gunakan sesuai
jenjangnya, seperti ketika kita berada di sekolah menengah biasanya kita
menggunakan konversi nilai skala sebelas and T-score, dan ketika kita berada di
perguruan tinggi biasa menggunakan konversi skala lima.
Dalam
melakukan penilaian memerlukan sebuah proses, kita harus menyusun dan membuat
tabel distribusi frekuensi untuk memudahkan kita menilai atau menyekor hasil
belajar, sehingga guru tersebut bisa menyusun prestasi siswa yang lebih efektif
dan tidak ada terjadi kesalahan dalam menyusun prestasi siswa.
Dengan
demikian, konversi nilai II begitu diperlukan bagi seorang guru. Jika guru
tidak menyekor siswa maka guru tidak akan bisa mengetahui kemampuan siswa.
DAFTAR PUSTAKA
-
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. 2006. Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada.
-
http://arminaven.blogspot.com/2011/06/tehnik-evaluasi-pendidikan-islam_23.html
- Sudjana, nana. 1995. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
-
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. 2008.
Jakarta : Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar